Steril Hewan Bersubsidi di Depok

Mengapa Ada Steril Bersubsidi?

Ide steril bersubsidi yang berlokasi bukan di klinik ini sebenarnya sudah ada lebih dari 12 tahun yang lalu. Saya sendiri merintis Rumah Steril karena paham betul berat untuk orang Depok harus menggotong kucingnya ke Bekasi untuk steril murah. Ketika itu saya sendiri mensterilkan kucing saya di Steril Yuk. Selama berjalan saya tahu persis posko yang saya kenal selalu menggunakan dokter hewan. Memang mereka rata-rata hanya memegang Surat Tanda Registrasi Veteriner mengingat proses Surat Ijin Praktek yang memakan waktu, tenaga, dan biaya.

Apakah dokter hewan yang hanya memiliki STRV ini artinya bukan dokter hewan? Tidak juga, karena setiap kali surat tersebut perlu diperbarui, ada kredit yang harus dikumpulkan oleh dokter hewan tersebut melalui mengikuti seminar ataupun pelatihan sehingga memenuhi jumlah poin yang ditetapkan agar STRV ini bisa kembali digunakan.

Nah steril bisa dilaksanakan bersubsidi karena tidak adanya faktor sewa tempat (menggunakan rumah sukarelawan) dan dokterpun men-charge jasanya dengan harga minimal. Rentang harga steril ini sangat bervariasi. Dari 100 ribu sampai 200 ribu untuk kucing jantan ataupun kucing jantan. Setiap posko yang ada rata-rata bisa steril kucing sampai 20 ekor. Namun sekalipun bukan menempati klinik hewan, bukan berarti kami tidak memperhatikan kualitas ruangan yang dipakai untuk steril.

Kami cukup tahu diri dengan tidak menerima steril anjing betina karenItupun masalah overpopulasi tidak selesai karena sebenarnya pemahaman orang awam soal hal ini masih sangat rendah sekali. Jadi sekalipun mungkin total posko bisa mensteril sampai 1000 ekor, di saat yang sama masih ada 2000 ekor kucing yang dibiarkan beranak.  Tentu hal ini sangat melelahkan selain karena tidak adanya dukungan pemerintah,ancaman dari dokter hewan yang merasa steril bersubsidi adalah perbuatan ilegal, ancaman dari pemilik ketika hewannya bermasalah paska steril.

Apakah banyak yang merasakan manfaat dari steril bersubsidi? Ya banyak.

 

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *