Steril Hewan Bersubsidi di Depok

Apakah Steril Kucing Juga Perlu untuk Kucing Jantan?

Orang seringkali mempertanyakan mengapa kucing jantan perlu steril. Mereka biasanya kasihan jika akhirnya kucing jantan tidak bisa kawin lagi. Orang lupa bahwa sudut pandang seharusnya dari sisi binatang bukan dari manusia. Tidak seperti manusia yang jika kawin bisa suka sama suka, kucing sebelum kawin harus memperebutkan wilayah dan betina. Di saat seperti itu seringkali kucing jantan ribut dan luka parah.

Dengan steril kucing jantan sebenarnya kita juga membantu populasi kucing di lingkungan sekitar karena dengan begitu tidak banyak kucing betina yang dihamili oleh pejantan ini. Oh ya, steril kucing jantan juga memiliki waktu operasi yang lebih singkat dan lebih cepat pemulihannya dibanding kucing betina. Jika kucing betina membutuhkan waktu operasi 30 menit dan pemulihan 2×24 jam, maka kucing jantan hanya perlu dioperasi selama 15 menit dan dalam 1×24 jam sudah penuh semangat makan dan menjalani aktivitas hariannya. Selain itu steril kucing jantan lebih murah dibanding steril kucing betina.

Setelah steril ? Kucing jantan akan menjadi lebih kalem. Tidak menyerang kucing jantan lain sehingga tidak ada lagi luka-luka karena bertengkar dengan kucing lain. Jadi tunggu apalagi, yuk steril kucing jantan

4 Comments

  1. Al Al
    21 January 2017    

    Jika untuk kucing betina umur minimal untuk di steril adalah 6 bulan, berapa usia minimal kucing jantan agar dapat di steril-kan?

    • vivi vivi
      31 January 2017    

      sama aja

  2. Iskandar Iskandar
    23 June 2017    

    Kalau kucing jantan disteril dia masih bisa kawin tdk ya bu?

  3. Heru Pambudi Heru Pambudi
    3 December 2017    

    Dear admin,
    Kami memiliki kucing lokal betina tapi kami tidak punya biaya untuk steril. Apakah ada program steril grstis? Tolong nborang kabari saya suatu saat ada program steri gratis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *