Steril Hewan Bersubsidi di Depok

Apa Perawatan Pasca Steril Kucing?

Pertanyaan mengenai apa perawatan setelah operasi steril kucing paling banyak ditanyakan kepada tim Rumah Steril. Sebenarnya tidak ada perawatan pasca steril kucing yang rumit. Mungkin karena dibius total dan kucing biasanya belum memiliki napsu makan banyak, banyak pemilik kucing yang menjadi khawatir.

steril kucing

pasca steril kucing

Sebelum operasi steril kucing dibius total sehingga ketika selesai operasi, bius keluar melalui urine dan kucing biasanya masih terngantuk-ngantuk. Setelah operasi tiap kucing telah mendapatkan suntikan antibiotik sehingga pemilik kucing tidak perlu memberikan antibiotik melalui oral. Di hari pertama pemilik tidak perlu terburu-buru memberi makan kucing kesayangan karena biasanya kucing belum memiliki napsu makan. Kalaupun kucing mau makan, biasanya akan dimuntahkan karena perut masih mual efek dari obat bius. Simak langkah-langkah perawatan pasca steril berikut dari Rumah Steril untuk semakin meyakinkan anda bahwa steril kucing adalah langkah tepat dan aman untuk kucing anda.

  1. Kucing akan merasa pusing saat bangun dari operasi sehingga wajib dikandangkan / dikamarkan supaya aman. Pastikan kucing tidak punya akses ke kolam / ke jalan. Dalam 12 jam kucing akan berjalan dengan sempurna
  2. Hari pertama kucing masih lemas dan belum memiliki napsu makan jadi cukup beri ruang nyaman untuk kucing
  3. Di hari kedua kucing betina sudah tertarik makan walaupun belum banyak. Di hari ini kucing jantan biasanya sudah kembali makan banyak dan beraktivitas seperti biasa.
  4. Di dua hari pertama ini pastikan kucing betina beristirahat cukup sehingga jahitan operasi steril bisa menyatu. Untuk kucing jantan, jahitan akan menyatu dengan kulit kantung zakar. Jika terlihat ada darah pada kantung tersebut cukup ditekan dengan kapas selama lima menit
  5. Di hari ketiga dan keempat kucing jantan dan kucing betina biasanya sudah beraktivitas dengan riang. Di sini peran pemilik untuk mendisiplinkan pola makan karena biasanya nafsu makan kucing jadi meningkat banyak. Pastikan kucing anda tidak menjadi kegendutan
  6. Di hari kelima bantu kucing betina membuka perbannya untuk membantu penyembuhan
  7. Jika setelah perban dibuka, ada nanah di kucing betina berikan betadine atau obat merah cina dua kali sehari selama 2 hari berturut-turut. Dari pengalaman, menggunakan obat merah cina lebih efektif karena tidak akan dijilati kucing.
  8. Selama dua minggu pertama harap tidak dimandikan agar luka operasi steril benar-benar kering.

Kurang lebih begitulah tips perawatan pasca steril kucing. Semoga membantu!

53 Comments

  1. Agata Aprilya Agata Aprilya
    7 July 2015    

    Bisa minta no yang bisa dihubungi ataupun alamat lengkapnya, saya ada planing untuk steril kucing betina saya. terimakasih banyak..

    • vivi vivi
      7 July 2015    

      whatsapp wisnu 0817.6411.770

  2. febby febby
    9 August 2015    

    Kucingku bru selesai di steril kmrn pagi..smpe sekarang blm mau mkn dan minum obat msh lemas..gmn ya supaya mau mnum obt yg di campur ke mkn nya..?

    • Ramot Stephanus Ramot Stephanus
      26 October 2015    

      Maaf comment nya masuk ke spam 🙁
      Untuk kucing yang disteril, memang satu dua hari pertama pasti lemas dan tidak mau makan. Jadi sabar saja menunggu yah. Semoga kucingnya selalu sehat.

  3. Rizka Amanda Rizka Amanda
    1 November 2015    

    Hai…
    Kucing ku kan saat ini sedang hamil dan berencana akan disteril setelah melahirkan. Kira2 waktu yang tepat untuk steril setelah melahirkan nanti itu kapan ya?
    Terima kasih 🙂

  4. mariyanti mariyanti
    6 December 2015    

    Halo..
    di tempat kerja saya ada beberapa kucing betina abg, saya berencana akan steril mereka, tpi saya tidak bisa merawat mereka pacsa operasi karna kucing liar, bisa saya minta sarannya mas/mba harus bagaimana? terimakasih..

    • vivi vivi
      8 December 2015    

      Kami bisa menyediakan rawat inap pasca steril sehingga ketika waktunya dilepas, kucing-kucing tersebut sudah benar-benar pulih 🙂

      • mariyanti mariyanti
        11 December 2015    

        oo..begitu..: )Boleh saya tau biaya steril dan rawat inap pasca oprasinya mba..? terimakasih..

  5. Nisa Nisa
    10 December 2015    

    Halo aku mau nanya, kucingku keguguran dan anaknya mati di dalam.. 🙁 terus katanya harus di steril? Apa itu benar? Kalo ya, apa bisa di operasi di rumah steril? Makasih..

  6. Puty Puty
    24 December 2015    

    Mau tanya..kl kucing betina kurang lebih umur 1 thn habis disteril apa perlu dikandangkan? Kalau iya, berapa hari sejak operasi hrs di dalam kandangnya? Trims sebelumya ..

    • vivi vivi
      29 December 2015    

      paling lama 5 hari

  7. jennie jennie
    6 January 2016    

    Mau tanya..kalau kucing baru di steril siang..malamnya dikasih minum tp langsung muntah2x..tiap dikasih minum muntah..wajar ga ya?

    • vivi vivi
      8 January 2016    

      wajar jennie itu reaksi terhadap bius

  8. Rachma Rachma
    10 January 2016    

    Rencana mau steril , tapi saya tidak tau kucing saya sedang hamil atau tidak … gimana cara cari taunya yah ?
    Apakah klo steril harus divaksin dulu? krn sebelumnya blm pernah divaksin.

    • vivi vivi
      11 January 2016    

      sudah dijawab via email ya. Steril tdk perlu vaksin dulu

  9. Ietha Ietha
    14 January 2016    

    Ka . Mw tanya . Kucing ku baru lahiran .
    Kira* bisa steril jika sudah berapah hari dri lahiran yah .
    Makasih

    • vivi vivi
      21 January 2016    

      60 hari

  10. Lenny Lenny
    17 January 2016    

    Kucingku jantan dan baru di steril kemarin. Setelah proses steril, kucingku tdk dijahit kantung testisnya, apa suatu saat ada kemungkinan lukanya bisa terbuka ya? Dan supaya lukanya cepat kering pulih bagaimana ya? Makasih.

    • vivi vivi
      21 January 2016    

      hai mbak lenny saya sudah kirim email langsung ya perihal ini

  11. Azizah Azizah
    2 April 2016    

    Mau tanya nih. Kucingku abis di steril skitar 5 hari yg lalu. Tp ko bekas sterilnya kya berair dan agak berbau ya? Itu kalau boleh tau kenapa ya? Tapi kucing nya aktif kya biasa aja cm lukanya kadang suka dijilat

    • vivi vivi
      2 April 2016    

      coba obat merah cina aja. aman koq dan cepat kering

  12. asep asep
    16 April 2016    

    mau tanya nih kucing ku baru keguguran terus setelah itu ga mau makan dan lemas makan yg mau dia hanya kuning telur saja apa yg harus saya lakukan kondisi makin hari makin lemas dan mencari peehatian terus

    • vivi vivi
      16 April 2016    

      ke dokter

  13. Nindy Nindy
    22 April 2016    

    Selamat pagi, saya nindy. saya baru steril 2 kucing betina saya usia 7 bulan. tapi dihari kedua dan ketiga mereka udah aktif banget, udah main” keluar”. kira” ngga apa” gak ya kalo mereka main” keluar gitu? soalnya emang kucingnya gak amu diem.

    • vivi vivi
      22 April 2016    

      sebaiknya segera steril krn mgk masuk masa birahi

  14. Dianita Irsanti Dianita Irsanti
    26 April 2016    

    Hai min, mau tanya nih…. saya pengen steril kucing betina. tp pas saya tau di dkt rmh harganya lumayan jadi saya butuh referensi…. saya tertarik untuk steril kucing saya disini, tapi lokasi saya ada di wilayah jawa timur. bagaimana ya solusinya?

  15. Raffty Raffty
    27 April 2016    

    Mau nanya.. kucing aku kayaknya hamil 3 minggu. Apa boleh steril? Thanks

    • vivi vivi
      27 April 2016    

      kami baru ada dua minggu lg jadi memang dsteril dlm kondisi hamil besar. bs aja dilakukan tp tentu resikony jg lbh besar tergantung pemilik siap atau tdk

  16. alyandra alyandra
    29 June 2016    

    steril ke induk kucing mengganggu proses menyusui gk yaa,soalnya kucing betina ku mau disteril,tapi posisi masih menyusui

  17. Febrina Febrina
    6 August 2016    

    Obat merah cina nya itu nama nya apa ya?
    Trims

  18. arsy arsy
    23 August 2016    

    Kucing saya habis steril kan ini di perban,lalu apa harus setiap hari ganti perban atau gmn ya.Tolong penjelasan nya

    • vivi vivi
      24 August 2016    

      sudah dibalas via email ya

  19. Veronica Tj. Veronica Tj.
    6 September 2016    

    Kucing saya betina disteril sabtu tgl 26 agustus kmrn, 3 hari kemudian bekas jahitannya lepas karena dijilatin kucingnya sehingga harus dijahit ulang. Karena takut jahitannya dijilatin lagi maka sy pasangin collar, bsk seminggu setelah jahitan yg kedua, apakah collarnya sdh boleh dilepas? Dan kenapa ya setelah dijahit ulang kucing saya gak nafsu makan sama sekali, bawaannya diam aja lemas dan seperti ngantuk? Apakah normal ato dia stress karena harus dijahit 2x. Mohon jawabannya. Tetima kasih.

  20. Ana Ana
    6 October 2016    

    Saya mau tanya, batas maksimal untuk stril usia berapa ya?kucing saya jantan usianya sekitar 12-13 bulan (1th-an)…Apakah masih bisa dilakukan steril?

  21. 29 December 2016    

    Untuk biaya inap disana brp ya

    • vivi vivi
      3 January 2017    

      40 rb shari

  22. cie cie
    24 January 2017    

    dok tanya
    jujur sy telat baca postingan dokter
    tgl 18 januari kmrn milky kucink sy steril, krn disuruh dokter yg steril pasca 3 hari perban di buka, ya sy buka trs begonya sy nanya orank yg pernah sterilin kucinknya, nie bekas lukanya diapain, disaranin kasih bioplacenta, ku kshlah trs ku plester lagi
    kmrn hari ke 5 pasca operasi ku buka, bekas jahitannya bengkak kek tumor gt, panik
    tp milky gpp lincah doyan makan cmn, krn panik, ku ganti ksh betadine trs ku plester lg dy jd gelisah tingkahnya gak isa diem
    trs disuruh dokternya ksh makanan jgn wetfood yg dry food
    trnyata dr semalam dan pagi ini dy muntah2 trs, binun
    nie dokternya mo krmh liatin
    cmn ku butuh saran pihak ke 3 jd isa makin yakinin

    apa itu krn ku salah penanganan pasca operasi
    salah ngasi makan gilingan daging mentah pas minumin obatkah??
    ato salah H+3 buka plester trs kasih salep bioplacenta??
    ato salah kucinknya sempat kabur di H+4 trs buka gurita sndr buka plesteran sendiri??

    obat habis, tp kok bengkak :'(((

    • denny denny
      31 January 2017    

      Dok nanya..
      kucing saya selesai di steril 2 minggu yg lalu,,skrang jahitannya ke buka dan berlubang dok..apakah di jahit lagi apa dibiarkan saja dok..mohon banruannya dok

    • ditya ditya
      2 March 2017    

      Ini trs kucingnya gimana skrg? Kucing aku 20feb kmrn jg abis steril. 4 jaitan.. n buka bawah,bukan samping. Jumat dicek msh basah,n kondisi uda lepas sendiri 1 jaitannya. Disuruh cek lg senin kmrn tp kynya masih basah. Td hr kamis akhienya baru kubawa lg n dbawah jaitan itu jd agak bengkak n keras. Kl kata dokter,,ada 4macam indikasi. Dijelaskan dr yg asumsi 1 sampe 4. Antara mau sembuh,penebalan,keras susah pipis,atau hernia.Lalu krn dugaan sementara ini msh semacam penebalan antara sayatan (kta dokter,kl operasi itu disobeknya 2.. yg keliatan dr luar..sama 1 lg deket otot) nah.. kemungkinan menebal disitu. Sementara disarankan saat sebelum disalep.. dibersihin dulu pake air hangat n kapas. Malah kl bisa yg agak panas.. biar ada peredaran darah yg kaku bisa lancar. Kebetulan kucing aku pipisnya normal..pup normal..jd kemungkinan penumpukan air kencing dicoret. Nah asumsi yg hernia smg aja bukan menimpa kucing aku. Kuatirnya ada usus yg turun dll dkk krn terlalu aktif. Tp td sih diraba n dcek 2 x sepertinya bukan. Dokternya alhamdulillah baik dan sabar serta mencerdaskan pemilik pasien. Seminggu ini masih akan dipantau dulu. Soalnya hr ini udah 10hr msh blm kering2 juga 😩. Terus kalo kucing mas/ mbak akhirnya ditanganinya gimana? Trnyt untuk kasus mas mbak kucingnya knp? Share info ya.. thx

      atau mbak vivi n temen lain ada kasus serupa? Mohin share ya.. atau bisa email saya. Thx

      • vivi vivi
        2 March 2017    

        sudah saya balas via email langsung ya soal kondisi di atas

  23. Lestari Anggrayani Sadili Lestari Anggrayani Sadili
    18 February 2017    

    STOP STERILISASI PADA HEWAN !!!!!!!!!!! TOLONG STOP !!!!!!!

    • vivi vivi
      18 February 2017    

      punya cara lebih baik?

  24. Annisa Annisa
    19 February 2017    

    Teh mau nanya dong. Kucingjantanku semalem habis steril, tadi pagi kuambil dari dr hewannya. Pas sampe rumah dijilatin mulu bekas lukanya. Aku takut jahitannya lepas. Kucingnya juga gak biasa dikandang, jadi suka main keluar gitu. Gimana teh? Gapapa atau harus dikandangin?

    • vivi vivi
      19 February 2017    

      ga pa pa aman koq kalaupun ga dikandangin

  25. Nana Nana
    19 March 2017    

    Min, mau tanya.. kucingku jantan abis disteril tadi siang.. sampai malam ini dia ngos2an trus.. itu kenapa ya?

    • vivi vivi
      20 March 2017    

      wajar

  26. Rahma Rahma
    30 March 2017    

    Salam. Say mensterilakn 3 kucing 1 ajantan dan 2 betina. Tapi 2 mati setelah steril yg jantan setelah 5 hari krn tidak mau makan tapi saya sdh bawa kedokter 2 kali dan mati do rumah dokter dan kucing yang betina mati dihari ke3 masih dirumah dokter. Nah, kucing betina yg satu lagi masih hidup tp malas makan cuma sedikit padahal saya sdh siapkan aneka makanan utk dia dr berbagai merk. Apakah wajar kucing saya tetep malas makan setelah seminggu lebih dioperasi.?

  27. Raisa Raisa
    7 April 2017    

    Mba vivi, mau tanya sy mau steril kucing soalnya perutnya gendut kayanya sih ga hamil soalnya diraba2 ga ada yg bergerak, kucing saya pernah di suntik kb sama ma2 sy, saya jd khawatir pas liat ig mba vivi akibat suntik kb pada hewan.. apakah saya harus cek ke dokter dulu atau langsung steril? Apakah steril bisa membuat kucing mati? Maaf sebelumnya masih awam, makasih mba..

  28. Yayoi Yayoi
    25 July 2017    

    Kucing saya jantan. Sudah seminggu yang lalu disteril. Minggu kemarin dicek dokternya, luka masih basah dan bernanah. Sampai hari ini selasa blom jg kering. Beberapa hari ini badannya panas. Sudah saya bersihkan lukanya dengan revanol. Selanjutnya bagaimana agar luka cepat kering?

  29. vivit dwi cahyanti vivit dwi cahyanti
    25 September 2017    

    Saya sterill kucing sudah 3 hari tp perbanyya udah d buka sendiri sma kucingnya…saya lihat lukanya masih basah berair..kira2 apa solusinya..kq G cepet kering..?

    • vivi vivi
      27 September 2017    

      mbak vivit bs lgs wa aku di 08129295534 ya

  30. Neyna Neyna
    27 September 2017    

    Mba, mau tanya, kucing jantanku usia 8bln an, kemarin habis aku steril, sama dokternya disuruh kasih bintamox 500 1/3 x 3 sehari.. mulai hari ini td dia udah mau makan, tp barusan ini dia muntah2 padahal sudah lebih dr 24 jam dr waktu sterilnya.. itu karena kucingnya masih pengaruh dr obat bius, atau karena bintamoxnya, atau kenapa ya..
    Terima kasih

  31. Cat Cat
    26 October 2017    

    Hai mba mau nanya dong kucing aku baru aja di steril beberapa hari yang lalu, hari ini adalah hari ke 4 setelah steril. Td pas aku luat perban bekas operasinya ada bercak darah, lumayan banyak si. Ga tau dia sempet ada perdarahan atau tidak. Seperti ada karna di perbannya dan di kassa ada darahnya. Dan disekitar bagian badan yang deket tempat sterilnya ada darah. Sebelumnya aku sudah bertanya sama orang yang ngurusin steril kucing saya, katanya buka aja kassa dan plesternya. Akhirnyasaya buka. Cuman saya ngeri takut infeksi ga ya mba? Kalau dibuka aja si kassa nya? Atau perlu ada tindakkan khusu seperti dibersihkan dahulu lagi disekitar bekas luka dan di jahitannya? Kemudian apa perlu saya kasih betadine? Kemudian apa perlu ditutupi kassa kembali atau tidak? Terimakasih ha

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *